Kamis, 30 Januari 2014

Jaringan Parenkim, Kolenkim, Skelerenkim

Jaringan Parenkim
Jaringan parenkim adalah jaringan yang selnya berdinding selulosa tipis yang berfungsi sebagai pengisi bagian tubuh tumbuhan.

Ciri-ciri khas jaringan ini adalah :
  1. Hidup yang berukuran besar,
  2. Dinding sel tipis,
  3. Berbentuk segi enam,
  4. Dan memiliki banyak vakuola,
  5. letak inti sel mendekati dasar sel,
  6. Mampu bersifat meristematik, dan
  7. Mempunyai banyak rongga sel sehingga susunan selnya tidak rapat

Jaringan ini terletak pada korteks dan empulur batang dan akar, pada buah, serta di antara xilem dan floem. Adapun fungsi jaringan parenkim antara lain :
  • Parenkim asimilasi (klorenkim) adalah sel parenkim yang mengandung klorofil dan berfungsi untuk fotosintesis terdapat di daun (mesofil).
  • Parenkim penimbun adalah sel parenkim ini dapat menyimpan cadangan makanan yang berbeda sebagai larutan di dalam vakuola, bentuk partikel padat, atau cairan di dalam sitoplasma, terdapat pada umbi, rimpang dan biji.
  • Parenkim air adalah sel parenkim yang mampu menyimpan air. Umumnya terdapat pada tumbuhan yang hidup didaerah kering (xerofit), tumbuhan epifit, dan tumbuhan sukulen contohnya pada kaktus.
  • Parenkim pengangkut adalah sel parenkim yang berfungsi mengangkut unsur hara dan bahan makanan, letaknya pada xylem dan floem.
  • Parenkim aerenkim adalah jaringan parenkim yang mampu menyimpan udara karena mempunyai ruang antar sel yang besar. Aerenkim banyak terdapat pada batang dan daun tumbuhan hidrofit.
  • Parenkim panutup luka, adalah parenkim yang memiliki kemampuan regenerasi, terletak pada cambium gabus (felogen).


Jaringan Kolenkim
Jaringan kolenkim adalah jaringan yang terdiri atas sel-sel hidup yang memiliki selulosa tebal, penebalan yang utama terjadi pada sudut-sudutnya. Jaringan ini biasanya berkelompok membentuk untaian atau silinder. Jaringan ini terletak pada bagian terluar batang dan urat daun. Fungsinya sebagai penyokong dan memperkuat organ muda.


Jaringan Sklerenkim
Jaringan sklerenkim terdiri atas sel-sel yang bersifat mati dan seluruh bagian dinding selnya mengalami penebalan. Letaknya adalah di bagian korteks, perisikel, serta di antara xylem dan floem. Jaringan sklerenkim pada bagian keras biji dan buah berupa sklereida. Sklerenkim ada dua jenis, yaitu berbentuk fiber (serat) misalnya rami, dan slereida pada kulit kacang atau kulit biji. Fungsi jaringan sklerenkim adalah sebagai alat penyokong dan pelindung.


Berikut adalah gambar dari ketiga jaringan di atas :



Perbedaan jaringan parenkim, kolenkim, dan sklerenkim :

No
Nama jaringan
Letak
Sifat jaringan
Macam sel
Fungsi
1
Parenkim
Bagian dalam pada korteks dan empulur batang dan akar, pada buah, serta di antara xilem dan floem.
Primer; hidup
Bentuk kebanyakan isodiametris, bersegi banyak
Pengisi organ tubuh sebagai jaringan dasar
2
Kolenkim
Bagian terluar batang dan urat daun. Lebih tepi dibanding sklerenkim, dibawah epidermis
Primer; hidup
Bentuk bersegi banyak dengan penebalan dinding tidak merata
Penguat organ yang masih mengalami perkembangan (muda)
3
Sklerenkim
Di bagian korteks, perisikel, serta di antara xylem dan floem. Lebih dalam dibandingkan kolenkim, dapat berada di tepi atau agak dalam pada organ
Primer; dewasa; mati
Bentuk serabut disebut serabut sklerenki; bentuk pendek dan membulat disebut sklereid
Penyoking dan pelindung organ muda dan muda


8 komentar: